Jumat, 07 Oktober 2011

Perkalian 9 dengan menggunakan jari

Sekedar iseng aja barangkali kita lupa perkalian 9. Disini ada cara bagaimana perkalian 9 dengan menggunakan jari, tapi ingat yaah ini hanya berlaku untuk perkalian 9, seperti 1×9, 2×9,sampai 10×9. Oke begini caranya :

hadapkan tangan kita lalu beri nomor jari tersebut dari nomor 1 sampai sepuluh; nomor 1 untuk ibu jari tangan kiri, nomor 2 untuk jari telunjuk tangan kiri, nomor 3 jari tengah tangan kiri, 4 jari manis tangan kiri, 5 kelingking tangan kiri. lalu selanjutnya tangan kanan, mulai dari 6 jari kelingking tangan kanan, 7 jari manis tangan kanan, 8 tengah tangan kanan, 9 telunjuk tangan kanan, 10 ibu jari tangan kanan.

Misal kita akan menghitung 4×9 :
Tadikan sudah diberi tanda 1 sampai 10 dari jari tangan kiri sampai jari tangan kanan 4×9 berarti tekuk jari kiri nomor 4 yaitu jari manis diatas jari kiri yang ditekuk ada ada 3 jari tangan kiri dan dibawahnya 6 jari(1 jari kiri dan 5 jari kanan). Banyaknya jari diatas jari yang ditekukan merupakan angka puluhan sedangkan banyak jari dibawah jari yang ditekukan merupakan angka satuannya dari perkalian.
Jadi 3×9 = 36, (3 dari diatas jari yang ditekukan, 6 dari bawah jari yang ditekukan) gimana mudahkan .
Untuk memperlancar coba perkalian 9 lainnya seperti 7×9.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;